Contoh PowerPoint (PPT) Laporan PKL SMK untuk Presentasi


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dirancang untuk menyiapkan lulusan yang siap memasuki dunia kerja dan mampu mengembangkan sikap profesional di bidang kejuruan. Lulusan pendidikan menengah kejuruan diharapkan menjadi individu yang produktif, yang mampu bekerja menjadi tenaga kerja menengah dan memiliki kesiapan untuk menghadapi persaingan kerja.


Pendidikan sebagai penyiapan tenaga kerja diartikan sebagai kegiatan membimbing peserta didik sehingga memiliki bekal dasar untuk bekerja. Pembekalan dasar berupa pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kerja pada calon luaran. Dalam hal ini berarti pendidikan merupakan solusi untuk menciptakan tenaga kerja yang handal dalam rangka meningkatkan produktifitas masyarakat. Dengan semakin membaiknya kondisi pendidikan yang ada, maka akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia diharapkan akan meningkatkan produktivitas kelak.


Pada era globalisasi saat ini dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Pengelolaan sebuah perusahaan, kantor, bisnis, dan lain sebagainya membutuhkan manajemen data yang handal dan efisien.


Perlu disadari bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan institusi ataupun perusahaan, karena dengan adanya SDM yang berkualitas maka akan dapat menjawab berbagai tantangan yang ada di segala bidang, baik politik, budaya, maupun ekonomi bersosial budaya. Sehubung dengan hal tersebut, perlu dikembangkan kerja sama antar lembaga pendidikan, dunia usaha, dan pemerintah guna memenuhi tenaga-tenaga terampil dalam pembangunan. Oleh karena itu, diadakan sisitem ganda. 


Sistem ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian kejuruan, yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan, terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu.


Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara ilmu yang telah di pelajari pada bangku pendidikan, dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.


Dengan adanya program PKL ini, para peserta didik  memperoleh kesempatan untuk mengaplikasikan tori yang di dapatkannya di bangku pendidikan untuk di praktikan di lapangan.  Program PKL ini juga memberikan kompetensi pada peserta didik untuk  dapat lebih mengenal, mengetahui, dan berlatih menganalisis kondisi lingkungan dunia kerja, sehingga ketika lulus nanti peserta didik telah siap menjadi para tenaga kerja terdidik yang profesional.


Program PKL sangat penting dalam rangka memberikan bekal kemampuan nilai-nilai positif kepada peserta didik, oleh karena itu perlu dibuat suatu pedoman yang betul-betul dapat dijadikan acuan oleh semua yang terlibat dalam pelaksanaannya, sesuai dengan penyataan pada Pasal 4 Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah yang dinyatakan bahwapelaksanaan pembelajaran di DUDI berupa Praktik Kerja Lapangan diatur lebih lanjut oleh Direktorat Jenderal terkait.


Adapun beberapa tujuan PKL diantaranya sebagai berikut :

  1. Memberikan pengalaman kepada siswa-siswi tentang sistem kerja di instansi pemerintah atau swasta.
  2. Untuk memperkenalkan siswa-siswi pada dunia usaha.
  3. Menjadi media pengaplikasian dari pembelajaran yang diperoleh dari sekolah untuk diterapkan di dunia industri.
  4. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap professional yang diperlukansiswa-siswi untuk memasuki dunia usaha. 

Sedangkan manfaat PKL adalah sebagai berikut: 
  1. Mengasah keterampilan yang diberikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
  2. Memperkuat kemampuan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari.
  3. Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.
  4. Setelah lulus dari sekolah kejuruan tidak memerlukan waktu yang lebih lama dalam menyesuaikan diri ataupun untuk mencapai tingkat skill dan keahlian siap kerja.
  5. Dapat mengetahui dunia kerja yang sebenarnya.
  6. Meningkatkan kualitas lulusan melalui pengalaman kerja langsung selama PKL.
  7. Dapat menyesuaikan program pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja.
  8. Memberikan kontribusi dan tenaga kerja bagi perusahaan.
  9. Meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat.
  10. Meningkatkan citra perusahan.
  11. Mendukung program pendidikan pemerintah.
  12. Dapat mengenal persis kualitas siswa yang berlatih di instansi / industri.
  13. Dapat mengajak siwa Praktik Kerja Lapangan baik jumlah, penampilan, skill, dan waktu yang dianggap menguntungkan bagi perusahaannya.
Nah, setelah kita membahas tentang pengertian, tujuan, dan manfaat PKL, di sini saya akan melampirkan beberapa contoh dokumen PowerPoint atau PPT yang dapat digunakan untuk media presentasi hasil kegiatan Praktik Kerja Lapangan atau PKL level SMK. 

Dokumen atau file di bawah ini dapat diunduh dan diedit sesuai dengan keperluan masing-masing. Cara mengunduh file bisa via SCRIBD, bisa juga via Google Drive dengan cara klik pada judul masing-masing PPT.

Presentasi PKL SMK 1 by Deruddy on Scribd


Presentasi PKL SMK 2 by Deruddy on Scribd


Presentasi PKL SMK 3 by Deruddy on Scribd



Presentasi PKL SMK 4 by Deruddy on Scribd



Presentasi PKL SMK 5 by Deruddy on Scribd


Sekian entri mengenai Contoh PowerPoint (PPT) Laporan PKL SMK untuk Presentasi hasil kegiatan PKL. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar