Saldo Adsense tak Kunjung Cair? Begini Cara dan Waktunya!

Saldo Adsense kamu sudah sampai pada angka lebih dari Rp. 1.300.000,- yang artinya sudah mencapai batas minimal atau ambang pembayaran? Namun masih bingung tentang bagaimana cara mencairkan dan kapan jadwal pencairannya? Ditunggu-tunggu hingga hampir memasuki tanggal tua namun saldo Adsense tak kunjung cair? Rasa bingung dan khawatir ini kerap dialami oleh publisher Adsense baru. 


Namun tenang saja dan jangan khawatir, saldo Adsense kamu pasti cair, koq! Asalkan kamu sudah melakukan pengaturan dan melengkapi data diri dengan benar pada akun Adsense-mu. Pada entri kali ini saya hanya akan membagikan pengalaman saat menerima gaji pertama dari Google Adsense. Yuk kita mulai! 


Kapan Penghasilan Tertaksir masuk ke Saldo Adsense? 

Sebelumnya kita pahami dulu proses masuknya penghasilan tertaksir ke saldo Adsense kita. Saya memiliki dua sumber Adsense, yang pertama dari Blog, yang kedua dari Channel Yotube. Masing-masing memiliki jadwal yang berbeda dalam menambahkan penghasilan tertaksir pada saldo Adsense kita. Kita bahas satu per satu, ya! 


Adsense Blog


Bisa dilihat dari gambar di atas, yang bertanda kuning merupakan kolom data statistik penghasilan tertaksir hari ini, hari kemarin, 7 hari terakhir, dan data penghasilan tertaksir pada bulan yang bersangkutan. Pada kolom Saldo yang bertanda warna hijau nilainya masih nol, artinya penghasilan tertaksir pada bulan tersebut belum masuk pada saldo Adsense. 
Lalu kapan penghasilan tertaksir Adsense Blog masuk pada Saldo Adsense? Jawabannya adalah pada tanggal 1 atau 2 bulan selanjutnya. Itu yang terjadi pada saldo Adsense dari Blog saya. 
Adsense Youtube

Adsense Youtube memiliki tampilan statsistik sendiri pada Studio Channel Youtube kita, artinya data statistik dari Adsense Youtube tidak langsung tampil pada dashboard akun Adsense. Bisa dilihat pada gambar di atas. 
Kapan penghasilan tertaksir dari Adsense Youtube masuk pada saldo Adsense? Merujuk pada data Adsense Youtube saya, biasanya penghasilan tertaksir Adsense Youtube masuk pada Saldo Adsense pada tanggal 8 bulan selanjutnya. Jadi jika saat ini adalah bulan Januari, maka pengasilan Adsense Youtube kita akan masuk saldo pada tanggal 8 Februari. 

Bagaimana cara mencairkan saldo Adsense? 

Jawabannya adalah dengan cara mengisi formulir data diri yang jelas dan bukan fiktif, misalnya nama, alamat lengkap serta jelas, dan data untuk melengkapi formulir info pajak, seperti nomor NPWP kita.


Caranya gampang, tinggal Log In ke akun Adsense lalu pilih tab 'Pembayaran', maka di sana akan tersedia formulir yang harus diisi. Pada kolom 'Setelan' dengan kotak hijau, tersedia formulir untuk mengisi data diri seperti nama dan alamat dengan cara klik 'Kelola Setelan'. 


Pada kolom 'Bagimana Anda menerima pembayaran' dengan kotak merah kita akan menentukan metode pembayaran dan tujuan dana akan ditransfer. Contohnya saya menggunakan metode transfer Bank dengan rekening Bank BCA sebagai tujuananya. 


Setelah kita mengisi data yang diperlukan secara lengkap dan benar, jangan lupa tahap request PIN Adsense, jika memang belum menempuh tahapan ini. PIN Adsense adalah satu syarat utama kita dapat mencairkan saldo Adsense, jika belum mendapatkan dan mengentrinya pada akun Adsense, maka saldo tidak akan dapat dicairkan karena data kita dianggap belum valid. 


Mengenai tahapan request PIN Adsense bisa disimak pada entri di bawah ini: 

Pengalaman PIN AdSense Tidak Kunjung Datang Sampai Kena Banned Hingga Aktif Kembali

Apakah kita dapat mengajukan pencairan saldo Adsense lebih awal? 
Jawabannya adalah: TIDAK!!! Proses pencairan saldo Adsense yang telah mencapai batas ambang pembayaran adalah hak dari pihak Adsense, kita sebagai publisher tidak memiliki hak untuk melakukan permohonan pencairan lebih awal. 
Namun, kita dapat menentukan jumlah minimal saldo minimal Rp. 1.300.000,- dan jangka waktu pembayaran maksimal 1 tahun. Caranya bisa dilihat pada gambar di bawah: 

Masuk pada akun Adsense, pada tab 'Pembayaran' pilih 'Info Pembayaran' lalu kamu bisa melakukan penyesuaian pada tab 'Jadwal Pembayaran'.

Kapan Jadwal Pencairan Saldo Adsense pada Rekening Kita? 
Dihitung sejak saldo Adsense kita mencapai ambang batas pembayaran, biasanya pihak Adsense akan meprosesnya pada tanggal 21 di bulan tersebut. Proses transfer atau masuknya dana ke rekening kita tergantung pada Bank masing-masing, biasanya dapat memakan waktu 2 hingga 4 hari. Jika dalam 5 hari dana belum kunjung masuk ke rekening, segera lakukan komunikasi dengan Bank yang bersangkutan. 

Sebagi contoh, pada proses pembayaran terakhir Adsense saya, pihak Adsense mengirimkan email kepada saya yang berisi pemberitahun bahwa dana sudah ditransfer ke rekening saya pada tanggal 21 Juni 2022, dan pada tanggal 22 Juni 2022 dana sudah masuk ke rekening. Artinya hanya memakan waktu 1 hari saja pada rekening BCA. 
Nah, itulah sekelumit cerita saya tentang bagaimana cara mencairkan saldo Adsense. Mohon maaf jika ada yang tidak jelas, tentu saya persilakan untuk melakukan koreksi. Tetap semangat berkarya, ya, Guys! 

0 Comments:

Posting Komentar