Cara Membuat Dropdown dan Checkbox Excel

Pada entri kali ini kita akan membahas tentang bagimana cara membuat Dropdown dan Checbox pada Excel, dalam hal ini saya menggunakan Excel 2013. Yuk kita mulai! 


A. DROPDOWN EXCEL

Pernahkah kamu menemukan daftar tulisan dengan gulir ke bawah saat menyorot sebuah kolom pada Excel? Ya, itu adalah dropdown, yang fungsinya untuk mengefisienkan pekerjaan agar tidak harus mengetik kembali data sebuah kolom karena pilihannya sudah pasti, sehingga kita ganya perlu memilih dan klik saja dan secara otomatis kolom kosong segera terisi. Contohnya kolom 'PEKERJAAN' pada contoh gambar di bawah: 


Selain memudahkan pekerjaan, dengan menggunakan dropdown ini lembar kerja akan terlihat profesional. Namun walau begitu, cara membuatnya sangat mudah, koq! Yuk simak bagaimana cara membuat menu dropdown pada Excel di bawah ini: 

1. Pertama pilih kolom yang akan dibubuhi menu dropdown, lalu pada Ribbon pilih tab 'DATA', kemudian pilih 'Data Validation'

2. Kemudian pada form Data Validation, pada kolom 'Allow' pilih 'List', dan pada kolom 'Source' ketik tulisan yang akan dijadikan opsi data, dalam hal ini saya menggunakan kata 'YA' dan 'TIDAK', tentu saja jumlah data dapat lebih banyak, setiap kata pisahkan dengan tanda ';'

3. Dropdown sudah jadi seperti pada gambar di bawah: 

B. CHECKBOX EXCEL
Selanjutnya adalah checkbox pada Excel yang sama-sama dapat membuat pekerjaan kita dengan Excel menjadi lebih efisien. Dengan menggunakan checkbox ini kita tidak harus repot-repot insert karakter 'centang' pada setiap kolom, cukup dengan satu klik saja kita sudah dapat memberi tanda centang atau pun menghilangkannya dengan cepat. 
Cara membuat checkbox ini juga sangat mudah, menu checkbox berada pada tab 'DEVELOPER' pada Ribbon, namun secara default tab ini belum muncul, sehingga kita harus melakukan setelan untuk memunculkan tab DEVELOPER di Ribbon Excel. Caranya seperti di bawah ini:
1. Excel 2013 kita harus masuk ke menu 'Option' seperti pada gambar di bawah: 

2. Selanjutnya pilih 'Customize Ribbon' lalu centang kotak 'Developer

3. Nah, sekarang tab 'DEVELOPER' sudah aktif di Ribbon, selanjutnya tinggal pilih 'Insert' kalu klik simbol 'Checkbox

4. Terakhir, bubuhkan checkbox pada kolom yang kita kehendaki, caranya dengan menahan dan menggeser tombol kanan pada Mouse. Kemudian sesuaikan nama checkbox atau jika kita tidak ingin memakai nama, hapus saja. Sesuaikan letak checbox pada kolom. Salin kolom yang sudah dibubuhi checkbox lalu paste pada kolom lainnya. 

5. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini: 

Nah, itulah bagaimana cara membuat drobdown dan checkbox pada Excel 2013. Terima kasih. 

0 Comments:

Posting Komentar