Proposal Permohonan Pencairan DAK PAUD Non Fisik


DAFTAR ISI
Judul Kegiatan/Proposal
Lokasi / Alamat Kegiatan
Daftar Isi
Surat Permohonan Pencairan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD 
Kata Pengantar
  • Latar Belakang
  • Maksud dan Tujuan
  • Permasalahan yang dihadapi
  • Nama Dan Tempat Kegiatan
  • Rencana sumber Dana dan Rencana Penggunaan Dana
  • Jangka Waktu/Jadwal Pelaksanaan
  • Metode/Cara Pelaksanaan Kegiatan
  • Target Kinerja (Satuan Hasil)
  • Penutup
Formulir Data Satuan PAUD
  • Identitas Satuan
  • Program Layanan
  • Data Administrasi
Lampiran :
  • Profil Satuan PAUD
  • Struktur Organisasi
  • Foto copy rekening BJB atas nama satuan PAUD
  • NPWP Satuan PAUD
  • Poto Copy NPSN Satuan PAUD
  • Poto copy Ijin Pendirian satuan PAUD dari Dinas Pendidikan Kab. ...
  • Peserta didik sesuai kuota berdasarkan umur dan Daftar Tenaga Pendidik
  • Keterangan Domisili dari Kepala Desa/Lurah
  • Rencana Sumber Dana Dan Rencana Penggunaan DAK Non-Fisik BOP PAUD 
  • Jangka Waktu/Jadwal Pelaksanaan Kegiatan DAK Non-Fisik BOP PAUD
KOP SURAT

Nomor : ...
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Pencairan Dana Alokasi Khusus Non Fisik BOP PAUD TK PGRI ... Tahun Anggaran ... Tahap I   

Kepada:
Yth. Bupati ...
U.P Dinas Pendidikan Kabupaten ...
Jln. R.A.A Kusumahsubrata No. 3 Telp. ...
di-

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Sebagaimana Pengajuan Proposal kami Nomor : ...Pada tanggal ... Perihal Proposal Dana Alokasi Khusus Non Fisik BOP PAUD TK PGRI ... Tahun Anggaran ... Tahap I yang beralamat di ... Desa ... Kecamatan ... Kabupaten ..., dan telah dikabulkannya permohonan bantuan tersebut sebesar Rp. ...,- (Tiga Belas Juta Dua Ratus Ribu Rupiah ).

Sehubungan hal tersebut diatas, kami bermaksud mengajukan permohonan pencairan dana dimaksud, mengingat pelaksanaan kegiatan akan segera kami laksanakan. Untuk itu kami mohon kiranya Bupati ... Melalui Kepala Dinas Pendidikan Kab. ... berkenan untuk dapat merealisasikan permohonan dana dimaksud yang akan dipergunakan sesuai Rencana Kegiatan Dan Anggaran Satuan (RKAS) PAUD sebesar bantuan yang diterima.

Demikian permohonan ini kami sampaikan atas perhatiannya kami haturkan terimakasih sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
..., 22  Mei ...

Kepala TK PGRI ...
...
NIP. ...

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga tersusun Permohonan Pencairan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD TK PGRI ....

Permohonan Pencairan ini disusun sebagai pedoman untuk pelaksanaan Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD TK PGRI ... dengan harapan dapat terlaksana dengan baik dan mencapai sasaran yang diinginkan dalam memperlancar proses kegiatan bekajar mengajar di TK PGRI ... sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan peserta didik.

Dalam penyusunan Permohonan Pencairan ini kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan suatu proposal yang baik dan lengkap, namun karena terbentur oleh kemampuan dan keterbatasan yang ada dengan tidak menyampingkan usaha semaksimal mungkin, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dalam pembuatan Permohonan Pencairan ini.

Dengan tersusunnya Permohonan Pencairan ini, mudah-mudahan dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagaimana mestinya serta mendapat respon yang selayak-layaknya.


...,  22  Mei ...
Penyusun

PERMOHONAN PENCAIRAN
DANA ALOKASI KHUSUS NON FISIK BOP PAUD
  TK PGRI ...
TAHUN ANGGARAN ... TAHAP I

A. LATAR BELAKANG
Kebutuhan akan pendidikan semakin dirasakan seiring dengan perkembangan zaman kualitas sumber daya manusia menjadi prioritas utama dalam pembangunan. Demikian pula tuntutan globalisasi di bidang pendidikan memacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaing dengan hasil pendidikan di negara-negara maju, pengolahan pendidikan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan suatu kondisi yang lebih baik.
Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Kebutuhan masyarakat terhadap layanan Pendidikan Anak Usia Dini cukup besar. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengikut sertakan anak-anaknya pada program PAUD. 

TK PGRI ... selaku lembaga pendidikan mempunyai tanggungjawab untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang mempunyai SDM yang berkwalitas tinggi. Akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak bisa bergerak sendiri, maka dalam hal ini bantuan pemerintah merupakan suatu keharusan yang tidak bisa dilepaskan. Adapun bentuk bantuan yang sangat kami butuhkan saat ini yaitu berupa Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD, karena dilihat dari jumlah anak TK PGRI ... dari tahun ke tahun yang terus bertambah tidak terimbangi oleh operasional dan sarana pendidikan yang tidak mencukupi. Sehingga dalam proses pembelajaran terasa kurang efektif dan nyaman bagi kegiatan belajar mengajar karena melebihi batas normal. Oleh karena itu perlu adanya Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD sehingga dengan tersedianya dana yang memadai maka kegiatan belajar mengajar di TK PGRI ... dapat terpenuhi guna meningkatkan mutu pendidikan.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia dan meningkatkan mutu pendidikan sebagaimana disebut diatas TK PGRI ... perlu adanya dukungan dari berbagai pihak. Tentu saja dukungan ini dapat diwujudkan dalam bentuk bantuan karena kegiatan ini memerlukan anggaran biaya yang cukup besar. Melalui Permohonan Pencairan ini kami mengajukan permohonan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD kepada Bupati ... melalui Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten ..., sehingga diharapkan dengan adanya dana tersebut, Tenaga Pendidik dan peserta didik dapat melakukan kegiatan dengan efektif, dan memperoleh hasil yang optimal.

B. MAKSUD DAN TUJUAN 
Dengan adanya Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD maksud dan tujuan dari bantuan ini adalah  :
  1. Memperluas layanan Taman Kanak – Kanak  bagi anak usia 4-6 tahun dari keluarga kurang beruntung atau yang belum terlayani.
  2. Dapat terlaksananya kegiatan Proses belajar  mengajar dengan fasilitas yang memadai.
  3. Memfasilitasi anak untuk memperlancar program pembelajaran dan kurikulum.
  4. Meningkatkan pelayanan pendidikan pembelajaran dengan rangsangan tumbuh kembang anak meliputi aspek fisik, mental, emosional.
  5. Mempersiapkan untuk tumbuh lebih mandiri, produktif, inovatif, tanggung jawab, disiplin, berdaya guna sebagai penerus
  6. Terciptanya sumber daya manusia yang mempunyai daya analisis kuat terhadap problematika yang terjadi, melalui sistem dan metode belajar yang sistematika dan rekonstruktif.

C. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI
Permasalahan yang dihadapi TK PGRI ... dalam meningkatkan program PAUD, diantaranya sebagai berikut :
  1. Tebatasnya sarana penunjang pembelajaran anak
  2. Kesejahteraan tenaga pendidik masih belum memadai.
  3. Kurangnya dana yang diakibatkan karena dana dari anak sering terlambat masuk.
  4. Sarana dan prasarana yang kurang memadai, APE dalam yang kurang variatif. 
  5. Kemampuan swadaya masyarakat sangat minim, karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap Pendidikan Anak Usia Dini.

D. NAMA DAN TEMPAT KEGIATAN
1. Nama Kegiatan 
Permohonan Pencairan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD Tahun Anggaran ... Tahap II TK PGRI ....

2. Tempat Kegiatan
TK PGRI ... yang berlamat di ... Desa ... Kecamatan ... Kabupaten ...

E. RENCANA SUMBER DANA DAN RENCANA PENGGUNAAN DANA
1. Rencana Sumber Dana
a) Swadaya Masyarakat : Rp. 0,-
b) Donatur : Rp. 0,-
c) DAK Non Fisik BOP PAUD : Rp. ...,-

2. Rencana Penggunaan DAK Non Fisik BOP PAUD TAHAP II 
(Tabel) 

F. JANGKA WAKTU/JADWAL PELAKSANAAN 
Jadwal Pelaksanaan Kegiatan DAK Non Fisik BOP PAUD TK PGRI ... Tahun Anggaran ... Tahap I, sebagai berikut : 
(Tabel) 

G. METODE/CARA PELAKSANAAN KEGIATAN
Metode/Cara Pelaksanaan Kegiatan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD Tahun Anggaran ... Tahap II TK PGRI ... dilakukan berdasarkan kebutuhan sesuai dengan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Satuan (RKAS) PAUD yang telah dibuat.

H. TARGET  KINERJA (SATUAN HASIL)
Dengan terpenuhinya DAK Non Fisik BOP PAUD Tahun Anggaran ... Tahap II dapat meningkatkan kualitas lembaga PAUD serta target pencapaian hasil belajar dapat lebih optimal, diantaranya: 
  1. Mengoptimalkan proses belajar mengajar dengan sarana dan prasarana yang ada serta memaksimalkan potensi mengajar sehingga terciptanya lembaga PAUD yang baik.
  2. Terlayaninya peserta didik yang berdomisili  disekitar TK PGRI ... Desa ... Kec. ....
  3. Bertambahnya pemahaman wawasan tentang organisasi/kelembagaan dan manajemen terhadap efektivitas penyelenggaraan program Taman Kanak-kanak.
  4. Terciptanya kerjasama dengan instansi terkait dalam meningkatkan efektivitas penyelenggaraan program Taman Kanak-kanak.

I. PENUTUP
Demikian proposal permohonan Pencairan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD Tahun Anggaran ... Tahap II ini kami buat, yang tentu memerlukan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak khususnya dari pihak Pemerintah Kabupaten ....
Untuk mewujudkan pemanfaatan Dana Alokasi Khusus Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD tersebut, bukanlah hal yang mudah. Insya Allah dengan tekad yang kuat dan pertolongan Allah SWT, Pemanfaatan tersebut dapat terwujud sesuai harapan kita bersama. Amiiiin.

..., 12 Nopember ...

Kepala TK PGRI ...

...
NIP. ...

Selanjutnya adalah data :
  1. FORMULIR DATA SATUAN PAUD
  2. PROFIL SEKOLAH
  3. STRUKTUR ORGANISASI
  4. JUMLAH PESERTA DIDIK
  5. DATA PENDIDIK, RENCANA SUMBER DANA DAN RENCANA PENGGUNAAN 
  6. DAK NON FISIK BOP PAUD TAHUN ANGGARAN
  7. JANGKA WAKTU/JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN DAK NON FISIK BOP PAUD TAHUN ANGGARAN. 
Format lengkapnya dapat dilihat pada Dokumen/File Microsoft Word di bawah ini: 

Proposal Pencairan DAK PAUD by Deruddy on Scribd


Download File Word via GOOGLE DRIVE 

Mungkin anda juga perlu dokumen PAUD/TK lainnya: 

0 Comments:

Posting Komentar