Download PowerPoint (PPT) Hakikat Kurikulum PAUD

MATERI PPT: 

PENGERTIAN KURIKULUM 

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja. Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh


LANDASAN KURIKULUM PAUD


A. Landasan Filosifis

  • Berakar pada budaya bangsa yg beragam
  • Peserta didik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif dan peduli.
  • Proses pendidikan memerlukan keteladanan, pengayoman yang dilakukan secara terus menerus
  • Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui bermain.


B. Landasan Sosiologis

  • Sesuai dengan tuntutan (harapan) dan norma yang berlaku di masyarakat
  • Bersifat inklusif untuk membentuk sikap saling menghargai dan memberlakukan semua anak setara, bebas dari diskriminasi dalam bentuk apapun.


C. Landasan Teoritis 

  • Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini dikembangkan dengan mengacu pada teori pendidikan berbasis standar dan kurikulum berbasis kompetensi.
  • Pendidikan berbasis standar berarti bahwa kurikulum 2013 PAUD mengacu pada Standar PAUD yang ditetapkan dalam Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Proses pengembangan kurikulum secara langsung berlandaskan pada empat standar yakni standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, dan standar penilaian pendidikan. Sementara itu, empat standar lainnya dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung implementasi kurikulum.
  • Kurikulum berbasis kompetensi berarti bahwa kurikulum 2013 PAUD dirancang untuk memberikan pengalaman belajar seluas- luasnya bagi anak untuk mengembangkan kemampuan yang berupa sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.


D. Landasan Pedagogis

Kurikulum 2013 PAUD memahami bahwa sebagai individu yang unik, memiliki kecepatan perkembangan yang berbeda, dan belum mencapai masa operasional konkret. Karenanya dalam mengelola kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan dan potensi setiap anak.


E. Landasan Yuridis

Kurikulum 2013 PAUD berdasar pada perundangan dan peraturan yang berlaku dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada. Landasan yuridis yang digunakan dalam pengembangan Kurikulum


PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD

A. Prinsip Relevansi 

Bahwa kurikulum anak usia dini harus relevan dengan kebutuhan dan perkembangan anak secara individual. Relevan disini mempunyai 2 macam pengertian, yaitu : 

  1. Relevansi ke luar : komponen-komponen kurikulum sesuai dengan tuntutan, kebutuhan, dan perkembangan anak usia dini, 
  2. Relevansi ke dalam : konsistensi harus sesuai antar komponen-komponen kurikulum dan harus saling berhubungan dengan keterpaduan internal terhadap anak usia dini.


2. Prinsip Adaptasi 

Bahwa kurikulum anak usia dini harus memperhatikan dan mengadaptasi perubahan ilmu, teknologi dan seni yang berkembang di masyarakat termasuk juga perubahan sebagai akibat dari dampak psikososial. Maksudnya disini anak didik di didik untuk tidak ketinggalan zaman dengan beradaptasi dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan perkembangan yang ada.


3. Prisnsip Komunitas 

Bahwa kurikulum anak usia dini harus disusun secara berkelanjutan antara satu tahapan perkembangan ke tahapan perkembangan berikutnya sehingga diharapkan anak siap memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Intinya dalam kontinuitas adanya kelanjutan (kesinambungan) sebab proses belajar anak udia didik berlangsung secara berkelanjutan agar mencapai tujuan sesuai kurikulum yang diinginkan.


4. Prinsip Fleksibilitas 

Bahwa kurikulum anak usia dini harus dipahami, dipergunakan dan dikembangkan secara luwes sesuai dengan keunikan dan kebutuhan anak serta kondisi dimana pendidikan itu dimana pendidikan itu berlangsung. Maksudnya yaitu, kurikulum harus berbobot (solid) tetapi pada pelaksanaannya memungkinkan terjadinya penyesuaian dengan anak usia dini.


5. Prisip Kepraktisan dan Akseptabilitas 

Bahwa kurikulum anak usia dini harus dapat memberikan kemudahan bagi praktisi dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pendidikan pada anak usia dini. Biasanya bisa juga disebut efisien, dengan biaya kegiatan yang murah dapat dilaksanakan dengan mudah kepada anak usia dini.


6. Prinsip Kelayakan 

Bahwa kurikulum anak usia dini harus menunjukkan kelayakan dan keberpihakan pada anak usia dini. Jika kurikulum sudah menunjukkan kelayakan, maka akan mencapai keberhasilan yang tinggi baik dari segi kuantitas maupun kualitas.


7. Prinsip Akuntabilitas

Bahwa kurikulum anak usia dini yang dikembangkan harus dapat di pertanggungjawabkan pada masyarkat sebagai pengguna jasa pendidikan anak usia dini. Jadi, apa yang sudah dilakukan harus sesuai dengan tanggung jawab apa yang sudah diberikan entah itu melalui tindakan, kebijakan, termasuk mempunyai suatu kewajiban untuk melaporkan, menjelaskan dan dapat dipertanyakan bagi tiap-tiap konsekuensi yang sudah dihasilkan kepada anak usia dini sehingga tidak menimbulkan kesalahan pemahaman dalam masyarakat.


PowerPoint (PPT) HAKIKAT KURIKULUM PAUD


Hakikat Kurikulum Paud Blog by Deruddy on Scribd

Download via GOOGLE DRIVE 


0 Comments:

Posting Komentar