Contoh Teks Pembawa Acara PERINGATAN HARI BESAR NASIONAL



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


الحَمدُ لِله, الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالِميْنَ وَ بِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُورِ الدُنْيَا وَالدِّيْنِ وَ الصَّلاةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى أَصْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَ المُرْسَلِيْنَ وَ عَلَى ألِهِ وَالصَّحْبِهِ أَجْمَعِيْنُ. أمَّا بَعْدُ.


Bapak-bapak pejabat ... beserta ibu, yang kami muliakan.


Para alim ulama' yang kami muliakan.


Para bapak, ibu dan hadirin yang kami hormati.


Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT Yang dengan limpahan rahmat, taufik, hidayat dan inayah-Nya, pada pagi / siang / malam hari ini dapat mengantarkan kita bersama, untuk memperingati Hari Ulang Tahun / Hari . . . yang ke . . . dengan Susunan Acara sbb :


  • Pertama : Pembukaan.
  • Kedua : Pembacaan ayat-ayat Suci Al-Qur'an.
  • Ketiga : Laporan / Prakata Panitia.
  • Keempat : Sambutan-sambutan.
  • Kelima : Acara inti, Pidato ... dan yang...
  • Keenam : Do'a / Penutup.


Bapak - ibu - dan/serta seluruh hadirin yang kami muliakan.


Untuk memulai acara ini marilah kita buka bersama-sama dengan membaca Surat Al Fatihah/Basmalah ...


Terima kasih.


Dilanjutkan acara berikutnya, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang akan dibacakan oleh Sdr. . . . yang akan membaca surat . . . dimulai ayat . . . sampai dengan . . . dengan penerjemah Sdri. . . ., marilah kita dengarkan, dan Sdri .. .. kita kami perhatikan persilakan.dan kita hayati bersama-sama. Kepada Sdr. . . .


"Maha Benar Allah atas segala firman-Nya".


Hadirin yang kami hormati, merupakan mata acara yang ketiga adalah Kepada Laporan/Prakata Panitia, yang akan disampaikan oleh Bpk. .. . Bpk. ... kami persilakan.


Ibu-ibu dan bapak-bapak yang kami hormati.


Sampailah kita pada mata acara yang keempat, yaitu sambutan-sambutan. Dalam kesempatan ini sambutan yang pertama akan disampaikan oleh ... dan sambutan yang kedua dari ...


Untuk sambutan pertama kami haturkan kepada Bpk . . . dilanjutkan sambutan yang kedua, akan disampaikan oleh Bpk / ibu ... kepada Bpk / ibu ... kami persilakan.


Kami ucapkan terima kasih kepada Bpk. . . . dan Bpk. . . . yang telah berkenan memberikan sambutannya.


Bapak-bapak, ibu-ibu dan hadirin yang ...


Sampailah kita sekarang pada puncak acara, yaitu pidato HUT / Hari .. . yang akan disampaikan oleh yang kami muliakan Bpk. . . . dari ... Kepada Bpk .... waktu dan tempat sepenuhnya kami persilakan.


Demikian pidato peringatan HUT / Hari . . . yang telah disampaikan oleh Bpk. . . ., kepada beliau kami ucapkan terima kasih.


Sebagai akhir dari acara peringatan HUT / Hari . . . ini kami mohon kepada Bpk. . . . untuk berkenan memimpin do'a. Kepada almukarram Bpk. K.H. ... kami persilakan.


Dengan selesainya do'a, maka selesailah acara ini dan marilah kita tutup bersama-sama dengan membaca hamdalah . . . ALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIIN.


Wassalammu'alaikum war. wab. 


CATATAN :

  1. Dalam membuka acara boleh dengan membaca Surat Al Fatihah atau Basmalah. Bila dengan Surat Al Fatihah maka dalam mengajak hadirin bisa dengan menyebut : Ummul Kitab, Ummul Qur'an, atau Sab'ul Matsaani, karena pengertiannya sama.
  2. Pembawa acara harus mengetahui secara tepat dan benar nama-nama orang yang akan mengisi acara. Maka perlu menanyakan kepada yang bersangkutan atau orang yang tahu benar. Sehingga dapat menyebutkan nama lengkapnya, gelarnya, jabatannya dan asalnya secara tepat.

Download File Word Pad via GOOGLE DRIVE


0 Comments:

Posting Komentar