Teks Pidato Sambutan Peringatan Tahun Baru Masehi (File Word)


 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

الحَمدُ لِله, الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالِميْنَ وَ بِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُورِ الدُنْيَا وَالدِّيْنِ وَ الصَّلاةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى أَصْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَ المُرْسَلِيْنَ وَ عَلَى ألِهِ وَالصَّحْبِهِ أَجْمَعِيْنُ. أمَّا بَعْدُ.

Bapak Kepala . . . bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudara dan segenap hadirin yang berbahagia.


Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Iliahi Rabbi, Tuhan yang senantiasa melimpahkan segala rahmat dan nikmat-Nya kepada kita, yang mengatur perputaran waktu, dari hari ke hari, dari bulan berganti bulan, dan dari tahun berganti tahun . . . sehingga tak terasa kini kita masuki Tahun Baru 20... Mmasehi dalam keadaan sehat wal'afiyat, kita masih diberi umur panjang sebagai suatu nikmat Allah yang tidak ternilai harganya untuk kita syukuri.


Cara mensyukuri usia panjang kita memasuki tahun baru ini, sudah barang tentu dengan membuat neraca kehidupan secara jujur dengan berintrospeksi atas kekurangan dan prestasi yang kita capai pada tahun yang lalu, kita meninjau ke belakang dan melihat ke muka !


Dalam rangka melakukan introspeksi itu, lebih-lebih lagi pada saat kita memasuki tahun baru, baik tahun baru Islam maupun tahun baru nasional/internasional, pada tempatnyalah kita merenungkan rangkaian hadits Rasulullah, agar kita memperbandingkan tahap-tahap, jarak-jarak dan angka-angka dari masa ke masa; dari masa kanak-kanak ke masa remaja; dari masa remaja ke masa dewasa; dari dewasa ke masa tua; sebagai tonggak-tonggak batu yang dapat berbicara sendiri.


Imam Al Ghazali seorang filosof Islam yang terkenal, mengibaratkan manusia yang menempuh kehidupan ini seperti seorang yang sedang berlayar mengarungi lautan. Pantai pertama yang ditinggalkannya ialah perut ibunya, sedangkan tepi terakhir di mana ia harus mendarat ialah lubang kuburnya. Antara perut ibu dan lubang kuburnya ia berjuang dipukul oleh gelombang dan badai; kadang-kadang tergoyang di celah-celah ombak yang menghempas dalam suasana harap dan cemas, tapi berdayung dan berjuang terus agar perahu tidak tenggelam...


Bapak-bapak, ibu-ibu dan saudara-saudara yang kami muliakan...


Oleh karena itu, untuk menempuh kehidupan pada lembaran tahun baru ini, marilah kita mengukur keadaan dan prestasi kita sendiri, baik sebagai manusia pribadi (hamba) maupun sebagai kesatuan bangsa dan umat (khalifah) di bumi. Terutama pada saat seperti sekarang, setelah kita memasuki suasana baru dengan munculnya tahun 20 . . . Masehi; maka perlulah kita mengukur apa prestasi yang sudah, belum dan yang harus kita laksanakan. Tentunya prestasi hari ini harus lebih baik daripada hari kemarin, jangan sampai masih sama apalagi lebih jelek dari kemarin.


Namun untuk meningkatkan prestasi kerja atau ibadah, nampaknya masih ada saja penyakit-penyakit yang paling berbahaya dalam kehidupan dan perjuangan kita, yaitu "mengulur-ulur waktu" dan "menunda-nunda" serta "menyia-nyiakan kesempatan" untuk melakukan amal kebajikan, meningkatkan prestasi dan kemajuan sampai puncak karier. Banyak orang yang menunda-nunda pekerjaan yang mesti dapat dilaksanakan hari ini sampai besok. Padahal-pepatah mengatakan :

لاَ تُؤَخِّرْ عَمَلَكَ إِلىَ الغَدِ مَا تَقْدِرُ أَنْ تَعْمَلَهُ اليَوْمَ

LAA TUAKKHIR ‘AMALAKA ILAL GHADDI MAA TAQDIRU AN TA’MALAHUL YAUM

Artinya :

"Janganlah tunda pekerjaanmu hingga esok hari yang bisa kamu kerjakan hari ini"


Mengapa demikian ? Karena waktu yang telah lewat sudah tidak akan kembali lagi, dan waktu itu lebih mahal daripada emas berlian. Waktu juga bagaikan pedang, jika kita tidak dapat mempergunakannya, maka akan memenggal kita.


Para bapak, saudara-saudara dan hadirin yang berbahagia...


Oleh karenanya dalam menyambut tahun baru 20... Masehi ini, kita sebagai manusia pribadi atau hamba Allah kiranya dapat meningkatkan iman dan takwa serta ibadah dan amal shalih. Sedangkan kita sebagai kesatuan bangsa dan umat atau khalifah di bumi, marilah kita tingkatkan prestasi kerja pada jajaran tugas kita masing-masing, sesuai fungsi, tugas dan wewenang kita masing-masing. Kita tingkatkan etos kerja, disiplin waktu, intregritas diniyah dan loyalitas nasional, dalam menunjang pelaksanaan firman Allah :

قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَىٰ شَاكِلَتِهِۦ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ هُوَ أَهْدَىٰ سَبِيلً

QUL KULLUY YA'MALU 'ALĀ SYĀKILATIH, FA RABBUKUM A'LAMU BIMAN HUWA AHDĀ SABĪLĀ

Artinya :

"Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing". Maka Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya. (QS. 17 Al Isra' : 84)


Demikian agar hasil prestasi kerja kita sebagai karya nyata, amal bakti atau amal shalih yang berpahala di sisi Allah dan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara, sebab pada hakikatnya kita sebagai abdi Tuhan, abdi masyarakat, bangsa dan negara. Perhatikanlah firman Allah :

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

WAQULI’MALUU FASAYAROLLOOHU ‘AMALAKUM WAROSUULUHUU WAL MU’MINUUNA WASATURODDUUNA ILAA ‘AALIMIL GHOIBI WASY SYAHAADATI FAYUNABBI-UKUM BIMAA KUNGTUM TA’MALUUN

Artinya :

"Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.". (QS. 9 At Taubah : 105)


Dan marilah kita pertahankan kemajuan-kemajuan dan prestasi kerja yang telah kita capai selama ini, kita kembangtingkatkan mekanisme dan dinamika kerja dan tugas kita, kita tingkatkan semangat disiplin dan tanggung jawab kita untuk menyongsong hari esok yang lebih baik daripada hari ini, sehingga dalam mengarungi kehidupan dan perjuangan dari tahun ke tahun kita termasuk orang yang beruntung ...


Begitulah kiranya harapan-harapan kita dalam menyambut tahun baru ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita, Amin. Sekian terima kasih dan mohon maaf - BILLAAHIT TAUFIQ WAL HIDAYAH - Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Download File Word via SCRIBD:

Teks Pidato Sambutan Peringatan Tahun Baru Masehi (ArraPena) by Deruddy on Scribd


Download File Word via GOOGLE DRIVE

0 Comments:

Posting Komentar