Soal Test CAT Seleksi PPS, Apa Saja Yang Harus Dipelajari? (Pengalaman Pribadi)


Hari ini, Senin, 09 Januari 2023 pada pukul 08.00 - 10.00 WIB, saya telah selesai mengikuti Computer Assisted Test (CAT) seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang bertempat di Ruang B Laboratorium Komputer SMK Negeri 2 Ciamis. Alhamdulillah saya mendapatkan giliran sesi pertama, sehingga saat melakukan tes pikiran saya masih segar. 


Ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) setelah pada 3 Pemilu sebelumnya menjadi bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 


Bagi mereka yang hendak atau dalam proses seleksi PPK atau PPS ini, informasi yang paling dibutuhkan tentu saja adalah apa saja, sih, soal yang akan keluar pada tes CAT PPK atau PPS ini? Hmm... jika kita mencarinya di internet dengan kata kunci 'Soal CAT PPK/PPS' sudah pasti akan banyak sekali referensi yang keluar, baik itu referensi dari Portal Berita, Blog, Mikro Blog, hingga Youtube. 


Memang tidak ada salahnya kita mempelajari materi dari berbagai sumber tersebut. Tapi ingat! Setiap penyelenggara tes CAT seleksi PPK dan PPS di setiap daerah akan memiliki soal yang berbeda, dan informasi yang didapat dari berbagai sumber di internet tidak menjamin akan keluar pada soal. 


Pada entri kali ini saya hanya akan memberi gambaran tentang apa saja yang harus dipelajari sebelum mengikuti tes CAT seleksi PPS seperti yang sudah saya alami tadi pagi. 


Berapa Jumlah Soal pada Tes CAT Seleksi PPS? 

Total jumlah soal pada Tes CAT seleksi PPS sebanyak 75 soal. 


Soal CAT yang Keluar Mengenai Apa Saja? 

Di sini saya tidak akan memberikan contoh soal, namun saya akan memberikan gambaran mengenai apa saja soal yang keluar pada tes CAT seleksi PPS: 

  1. Teknis Kepemiluan:  Yang harus dipelajari adalah tentang apa itu tugas dan kewenangan KPU, KPU Provinsi, KPUD, PPK, PPS, hingga KPPS, pelajari juga mengenai DKPP. Mengenai teknis pemungutan suara, pelajari tentang kelengkapan administrasi dan arsip di TPS/KPPS, yang pernah menjadi salah satu dari tim KPPS pasti ada gambaran mengenai ini. Oh iya, tadi ada soal tentang administrasi keuangan PPS. 
  2. Sejarah Kepemiluan di Indonesia: Pelajari sejarah kepemiluan di Indonesia mulai dari pemilu pertama hingga pemilu terakhir, jangan lupa pelajari juga sistem kepemiluan yang digunakan pada setiap Pemilu, misalnya sistem yang digunakan pada Pemilu tahun 1955 adalah sistem Proporsional dan sistem yang digunakan pada pemilihan DPD adalah sistem Distrik Berwakil Banyak. 
  3. PKPU, Undang-Undang tentang Kepemiluan: Ini akan memerlukan usaha lebih, karena setidaknya kita harus membaca mengenai Peraturan KPU dan Undang-Undang tentang Kepemiluan yang jumlahnya tidak sedikit, agar kita mempunyai gambaran jika ada soal tentang ini, karena sudah dipastikan akan ada beberapa soal tentang isi dari PKPU dan Undang-Undang Kepemiluan. Silakan unduh beberapa contoh PKPU dan UU Kepemiluan pada link berikut: [PKPU Nomor 3 Tahun 2018], [PKPU Nomor 8 Tahun 2022], [UU Nomor 7 Tahun 2017]. Selengkapnya dapat dilihat di JDIH KPU RI.
  4. Wawasan Kebangsaan: Pelajari tentang Pancasila, baik itu makna dari setiap sila, pengamalan setiap sila dalam kehidupan bernegara, hingga pandangan bangsa tentang Pancasila. Pokoknya pelajari semua tentang hal ini, karena sudah pasti ada soal mengenai hal ini. 
  5. Soal Logika/Psikologi. Soal ini biasanya terdiri kalimat panjang yang menantang logika dan psikologi kita. Misalnya seperti: "Dono lebih pintar dari Dini, Doni pintar dari Dani, namun lebih ceroboh dari Dono - Manakah pernyataan paling tepat mengenai kalimat di atas? (pilihan a,b,c, dan d)". Selain itu juga akan muncul pertanyaan dengan tema kepemimpinan, pokoknya jangan sampai terjebak ketika memilih jawaban. 
Nah, kurang lebih itulah gambaran mengenai apa saja hal yang keluar pada soal seleksi PPS yang tadi saya temukan. Mengenai referensi bocoran soal yang saya unduh dari internet, ternyata sebagian besar tidak keluar pada soal, sehingga saya hanya mendapat nilai hasil CAT: 77. Hehehe...
Semoga sukses, ya, Kawan-kawan!

2 komentar:

  1. terimakasih atas informasi pengalamannya kak, semoga sehat selalu dan lolos pps

    BalasHapus