Cara Menambahkan Subtitle Indonesia pada Video Film di PC/Laptop

Bingung bagaimana cara menambahkan subtitle Indonesia pada video film yang tersimpan di PC atau Laptop di tahun 2024 ini setelah Subscene ditutup? Caranya sangat mudah! Yuk kita bahas! 


Setelah Sucscene ditutup, kita harus mengucapkan selamat tinggal pada Lebah Ganteng dan Pein Akatsuki, dan dipastikan banyak penggemar film yang bingung bagaimana cara menambahkan subtitle pada video film di laptop mereka. 


Subtitle memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman menonton, terutama ketika menonton film dalam bahasa asing. Tanpa perlu khawatir, ada berbagai alternatif dan metode yang dapat digunakan untuk menambahkan subtitle dengan mudah dan cepat. Dalam entri kali ini, kita akan membahas langkah-langkah praktis dan tools yang dapat digunakan untuk menyertakan subtitle pada video film kamu, sehingga kamu dapat terus menikmati film favorit tanpa hambatan bahasa.


Pertama kita cari tahu dimana kita dapat mendapatkan subtitle Indonesia setelah Subscene resmi ditutup? Jawabannya adalah kita bisa mendapatkan subtitle film di SubSource sebagai pengganti Subscene. Caranya adalah: 


1. Sebagai contoh saya memiliki video film 'Avatar the Way of Water BlueRay 1080p' di Laptop. Lalu kunjungi situs SubSource, lalu ketik judul film, yang ingin kamu cari subtitle-nya di kolom pencarian. 


2. Untuk memfilter jenis bahasa dan menampilkan khusus subtitle bahasa Indonesia saja, pada kolom 'Language' pilih Bahasa Indonesia.



3. Akan tampil banyak sekali jenis subtitle bahasa Indonesia dengan berbagai spesifikasinya. Pilih spesifikasi subtitle yang sesuai dengan video film yang kamu punya. 


4. Kemudian klik tombol 'Download' untuk mengunduh subtitle yang kamu perlukan. Subtitle akan terunduh dalam bentuk format ZIP/RAR.


5. Pindahkan file subtitle dalam bentuk ZIP/RAR yang sudah terunduh tersebut dari folder Download ke folder yang terdapat file video film yang akan diberi subtitle. Gabungkan file subtitle dan file video dalam satu folder. Kemudian ganti nama file subtitle dan video dengan nama yang sama persis. 


6. Slanjutnya play video yang sudah disandingkan dengan file subtitle. Jika ingin memainkan video dengan Windows Media Player, klik kanan pada video, kemudian pilih opsi 'Lytics, Captions, and subtitles' lalu pilih 'On if ...'


Kemudian mulai ulang video, jika berhasil maka subtitle akan tampil. Namun jika menggunakan Windows Media Player tidak berhasil, maka kita harus mengganti media player dengan VLC Media Player. 

Menambahkan Subtitle pada Video Film Menggunakan VLC Media Player: 
1. Pertama, unduh installer VLC Media Player DI SINI, lalu install di perangkat kamu. 


2. Jika VLC sudah terinstall di perangkat kamu, putar file video yang sudah digabungkan dalam satu folder dan disamakan nama filenya dengan file subtitle menggunakan VLC Media Player. Caranya klik kanan pada file video, pilih 'Oper with' pilih 'VLC Media Player


3. Pada tab 'Subtitle' dropdown dan pilih 'Sub Track' kemudia pilih 'Track 1 - ...



Dan video film kamu pun sudah ada subtitle Indonesianya. 


Enjoy! 


0 Comments:

Posting Komentar