Contoh Sistem dan Peraturan Permainan Turnamen Bola Voli


Dalam sebuah perhelatan Tunamen tentu akan ada sistem dan peraturan yang menjadi dasar atau landasan berjalannya sebuah acara hingga acara selesai, dan tentu saja pada setiap perhelatan akan memiliki sistem dan peraturan yang berbeda disesuaikan dengan kondisi dan situasi. 

Berikut adalah contoh sistem dan peraturan permainan Bola Voli yang dapat menjadi gambaran dalam menyelenggarakan sebuah event turnamen Bola Voli. 

Sistem Pertandingan Pada Peraturan Permainan Bola Voli:

  1. Pada sistem pertandingan memakai aturan setengah kompetisi di dalamnya terdapat 8 tim yang akan dibagi menjadi 2 group, setiap group terdiri dari 4 tim.
  2. Jumlah maksimal pemain dalam pertandingan resmi bola voli standar Internasional dalam satu tim adalah 10 orang, Kemudian yang boleh bermain di lapangan hanya 6 orang dan 4 orang sebagai pemain cadangan.
  3. Saat pertandingan berlangsung pelatih boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan dan tidak ada batasan jumlah pergantian pemain.
  4. Jika salah seorang atau lebih dari tim satu anggota tim sedang melakukan pertandingan untuk cabang olahraga lain, maka pertandingan tidak akan ditunda.
  5. Dalam pertandingan bola voli jumlah minimal pemain yang boleh bermain di lapangan dalam satu tim adalah 4 orang.
  6. Jika di lapangan dalam satu tim jumlah pemain kurang dari 4 orang, maka tim tersebut dianggap kalah oleh panitia pertandingan.
  7. Setiap pertandingan bola voli berlangsung harus melewati 3 babak (best of three), Ketika pada babak pertama dan kedua telah dimenangkan oleh salah satu tim maka pertandingan babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.
  8. Pada pertandingan bola voli sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksmal pada 25 point.
  9. Jika saat pertandingan berlangsung kedua tim mendapatkan poin yang sama di akhir yaitu (24 – 24), maka pertandingan akan ditamabah 2 poin. Tim yang pertama berhasil unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan bola voli.
  10. Tim akan mendapatkan nilai 1 apabila memenangkan permainan saat pertandingan penyisihan.
  11. Jika kedua tim atau lebih memperoleh nilai yang sama, maka panitia pertandingan akan menentukan pemenang juara group dan runner-up dari kualitas angka yang didapat dari setiap set pada pertandingan sebelumnya.
  12. Dalam pertandingan bola voli setiap mengakhiri babak, tim diwajibkan bertukar sisi lapangan. Apabila kedua tim telah mencapai babak ketiga, maka tim yang memperoleh nilai terendah dapat meminta kepada wasit untuk bertukar posisi lapangan. Hal ini hanya dilakukan jika poin telah mencapai angka 13.
  13. Setiap tim boleh meminta waktu time out dan hanya boleh dilakukan 1 kali dalam setiap babak.
  14. 1Wasit memberikan waktu time out hanya 1 menit.
Nah, itulah contoh sistem dan peraturan pada sebuah turnamen Bola Voli. Semoga dpat memberi gambaran bagi teman-teman yang akan menyelenggarakan event turnamen Bola Voli. Terima kasih. 

0 Comments:

Posting Komentar