Jumat, 11 Januari 2013

Edit Foto Dengan Efek Retro Typography Pada Photoshop CS5


Mumpung lagi dapet inspirasi membuat typography, kali ini aku akan mengulas tentang edit foto ke dalam disain/bentuk typography warna dengan trik dan cara yang paling sederhana. Baiklah, langsung saja gak pake lama ya.

1. Siapkan dokumen baru berupa foto yang akan diedit.

2. Buatlah sebuah tulisan seperti pada contoh gambar dibawah.

3. Untuk memudahkan dalam pengeditan, maka kita buat tulisan 'retro' tadi menjadi sebuah Brush yang akan kita pakai nanti dengan cara, pilih Edit - Define Brush Preset..., lalu setelah Brush diberi nama selanjutnya tekan 'OK'.

4. Buat layer baru, lalu pilih brush yang baru saja kita buat sebagai masking foto. Perlu diperhatikan, posisi layer brush harus diatas layer foto. Posisikan brush secara acak dengan ukuran yang disesuaikan.

5. Masih pada layer brush,  tekan dan tahan tombol 'Ctrl' pada keyboard lalu klik thumbnail layer brush pada pallete layer, maka akan tampak hasil seleksi.

6. Setelah selesai dengan layer brush, pilih layer foto, lalu tekan 'Ctrl + J', dan akan menghasilkan layer baru yang merupakan perpaduan antara Foto dan Type.  

7. Non-aktifkan layer Foto (Background) dan layer brush denga cara di-klik pada tanda mata disebelah kiri thumbnail layer masing-masing.

8. Buatlah layer baru tepat diatas layer background, lalu warnai dengan 'Paint Bucket Tool'.

9. Buatlah latar menjadi mempunyai efek tekstur granite halus dengan cara memilih 'Filter - Disort - Diffuse Glow'. Sesuaikan dengan ngetatur 'Graininess', 'Glow Amount' dan 'Clear Amount'. 

10. Lalu pilih layer Type dan buatlah efek bevel dengan cara memilih 'Layer - Layer Style - Bevel and Emboss. Sesuaikan, lalu pilih 'OK'.

11. Terakhir, kita akan memberi efek bayangan pada Type dengan cara, pilih 'Layer - Layer Style - Drop Shadow'. Sesuaikan, lalu tekan 'OK'. 

SELESAI. 

Dan hasilnya bisa dilihat pada gambar paling atas postingan ini. Ini adalah teknik dasar, sehingga anda bisa lebih berkreasi lagi dengan cara ini. 

Ya sudah, aku mau bobok dulu yaa...selamat mencoba dan semoga sukses. 

Baca juga: