Monday, April 16, 2018

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melakukan Trail Running?

Saat ini Trail Running semakin dikenal oleh masyarakat luas, terutama oleh orang-orang yang memang mempunyai ketertarikan pada dunia lari. Namun, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukannya, mengingat trail running menggunakan lintasan yang berbeda dengan kegiatan jogging biasa, yaitu menggunakan lintasan yang cenderung ekstrim karena umumnya melintasi track hutan, batuan, lumpur, pasir, track menurun dan menanjak dengan kemiringan yang cukup curam. Selain dari faktor media pijakan, faktor cuaca dan asupan energi tubuh pun harus diperhatikan, mengingat sifat alam yang tidak berkompromi dan tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, persiapan dan perencanaan yang matang mutlak harus dilakukan. 

Pada tulisan kali ini, saya akan mengulas tentang persiapan Trail Running Galunggung. Panjang lintasan yang biasa kami lalui kurang lebih sekitar 11 Kilometer. Berikut adalah beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum melakukan Trail Running Galunggung: 

1. Kondisi Fisik dan Mental
Kondisi fisik dan mental yang prima mutlak harus dimiliki untuk melakukan trail running. Berlari di lintasan alam dengan media pijakan yang ekstrim memerlukan kondisi tubuh yang prima. Mengintensifkan latihan penguatan lower body sangat disarankan. Jaga pola istirahat, pola makan dan pola latihan dengan seimbang. 

2. Gears
Perlengkapan yang harus dipersiapkan adalah: 
  • Hydro Pack + Water Bladder. Fungsi utamanya adalah untuk menyimpan perbekalan air minum selama berlari. 
  • Sepatu. Usahakan untuk memakai sepatu khusus trail running. Namun jika memang belum memilikinya, pakailah sepatu yang memiliki soal bergerigi, ini bertujuan agar sepatu memiliki daya cengkram yang cukup baik saat dipijakkan pada media lintasan trail running, tujuannya adalah untuk meminimalisir terjadinya slide atau terpeleset pada lintasan yang licin. 
  • Jaket. Bersifat opsional, berfungsi untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin. Namun jika dinilai tidak diperlukan, maka boleh tidak dibawa.
  • Jas Hujan Plastik. Penting untuk mengantisipasi cuaca hujan. Mengingat alam memiliki sifat tidak bisa diprediksi, maka hujan bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Maka untuk mengantisipasi terjadinya hipotermia ketika kita terkena hujan ditengah dinginnya udara pegunungan, kita bisa memakai jas hujan plastik. 
  • Topi/Penutup Kepala. Bersifat opsional, berfungsi untuk melindungi kepala runner dari cuaca ekstrim dan hal-hal tak terduga yang dapat melukai kepala. 
  • Kacamata. Bersifat opsional. Berfungsi untuk melindungi mata dari  cuaca ekstrim dan melindungi mata ketika memasuki track yang berdebu atau track hutan yang sudah tertutup oleh vegetasi.
  • Lain-lain. Demi kenyamanan setelah melakukan trail running yang bisa saja seluruh pakaian penuh dengan keringat dan lumpur, maka bawalah pakaian ganti, handuk dan perlengkapan lainnya.
3. Asupan Energi Tubuh
  • Air Minum. Jika mereka yang membawa Hydro Pack + Water Bladder tentu sudah bukan masalah, namun jika tidak, maka bawalah 2 botol air mineral 600ml sebagai perbekalan. Namun 2 botol air mineral ukuran 600ml ini jarang mencukupi kebutuhan air minum runner dari start hingga finish, terlebih jika kondisi cuaca terik. 
  • Makanan Ringan Kaya Energi. Cokelat, Madu, Air Gula, Pisang dan makanan ringan lain yang bersifat membangun energi tubuh dengan cepat dapat dibawa sebagai perbekalan. 
4. P3K 
Kemungkinan mengalami cedera, baik itu loka gores atau terkilir sangat besar terjadi ketika melintasi lintasan Trail Running yang cukup ekstrim, oleh karena itu perlengkapan P3K sangat penting untuk dibawa. Obat pereda rasa nyeri, obat luka luar, pembalut luka dan obat sesak napas adalah perlengkapan yang harus ada pada daftar. 

Itulah beberapa poin penting yang harus dipersiapkan ketika akan melakukan Trail Running Galunggung. Dan ada hal yang juga perlu diperhatikan, yaitu tentang attitude selama berada di tengah alam. Ini menjadi catatan penting saya, memiliki sikap kepedulian dan menghargai alam harus dimiliki oleh seorang Trail Runner. Trail Running adalah salah satu cara kita mengenali diri sendiri & mengetahui batas kemampuan diri. Trail Running adalah salah satu cara kita untuk mengeksplor alam, bukan menaklukannya. 


The real purpose of running isn’t to win a race, it’s to test the limits of the human heart. 
– Bill Bowerman –

No comments:

Post a Comment