Friday, February 15, 2013

Sakit Lagi

Dulu, waktu jamannya masih sekolah, aku termasuk sangat aktif dalam kegiatan olah raga, terutama Volleyball.  Selain dalam kegiatan ekskul, aku juga termasuk salah satu anggota pemain pada klub volley "Tunas Muda" yaitu salah satu klub volleyball di kawasan tempat tinggalku.

Untuk menjaga kondisi fisik,  bila tidak ada latihan dengan klub, kerap kali aku mengisi soreku dengan jogging menyusuri rel kereta api. Di rel kereta?. Ya, rel kereta!, terdengar maco kan? hihihi...alasanku memilih lintasan rel kereta api adalah karena suhu di area lintasan kereta itu lebih tinggi / panas dibanding suhu di alun-alun atau areal olah raga publik lainnya, sehingga tubuh akan lebih terpancing untuk mengeluarkan keringat, walaupun hanya lari kecil saja. Sehingga tubuhku lebih terlatih dan daya tahan tubuhku juga terasa lebih baik.

Biasanya, batas waktu latihan adalah hingga kumandang Adzan Maghrib, sehingga aku sampai rumah lalu mandi diatas pukul 18:00, waktu yang tidak baik bagi tubuh untuk diajak mandi. Tapi, selama itu aku belum pernah merasakan keluhan sakit apapun. Menempuh perjalanan menggunakan motor tanpa memakai jaket atau bahkan lama-lama kehujananpun tubuh tetap bandel, sangat jarang terkena sakit.

Ketika mulai memasuki dunia kerja, aku pun berhenti menekuni olah raga volleyball, dan kegiatan olah ragaku berpindah menjadi bermain futsal yang rutin aku lakukan dalam jangka waktu seminggu sekali dengan teman-teman kantorku. Karena kesibukkan di siang hari, kamipun sepakat untuk mengambil jadwal futsal malam diatas pukul 20:00, dan selesai sekitar pukul 22:00, sehingga tak jarang aku harus sampai rumah lalu mandi pada pukul 23:00. Benar-benar waktu yang tidak wajar untuk mandi. Tapi walaupun begitu, kondisi daya tahan tubuhku tetap stabil. Masih jarang sakit.

Tapi sekarang...ah...rasanya tubuhku ini jadi cemen banget, manja, olo-olo kalo orang Sunda bilang-mah. Mengendarai motor gak pake jaket aja langsung sakit, keujanan dikit aja langsung sakit. Sekarang aja kondisi tubuhku masih belum pulih betul, padahal semenjak tiga hari yang lalu obat resep Dokter menjadi pencuci mulut sehabis makanku. Hadeuuh!

Mungkin ini karena sudah sejak satu tahun terakhir ini aku menghentikan rutinitas olah ragaku. Sebenarnya sih tidak berhenti total, hanya waktunya saja yang tidak teratur. Kini aku baru menyadari bahwa bagiku olah raga itu merupakan sesuatu yang penting. Dan sebaiknya kita memang jangan sampai menghentikan kebiasaan baik, karena kualitas hidup ada di tangan kita sendiri.

#Duh...bobok lagi...

56 comments:

  1. iya Mas, saya mendukung sekali kalo Mas Rudy kembali aktif berolahraga. biar nggak gampang sakit. apalagi kalo ditunjang makan sayur dan buah yang banyak, Insya Allah anti penyakit deh.

    saya rutin Jumat pagi badminton, sabtu sore voli, Minggu pagi badminton lagi, Minggu sore tenis (tapi menyesuaikan jadwal anak2 juga sih). Alhamdulillaah Mas, sehat senantiasa. Sekarang ini anak-anak saya juga sangat saya dorong olahraga, biar tetep sehat.

    semoga cepet fit lagi ya, syafakallaah, kami semua pasti mendoakanmu Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kami semua mendoakan mas cepet sehat...

      Delete
    2. Mas Zach : Terima kasih atas dukungannya, Mas. Kalau soal makanan bergizi justru sekarang bisa lebih terkontrol, akunya aja yang kadang cuek karena lupa waktu. Ada yang bilang sih katanya aku harus cepet nikah, biar ada yang njewer kalo aku males makan...hihi...asem.

      Mas Ipenk : Amin. Terima kasih banyak, Mas. :)

      Delete
    3. semoga kang rudy cepet sehat kembali

      memang benar olah raga itu menyehatkan.. terutama olah raga malam...
      #uuupss

      Delete
    4. ayok kita olahraga bareng!

      hup hap hup hap *angkat barbel*

      Delete
    5. Cak Budy : Amiin, terima kasih, Cak. :)

      Mbak Dinie : Hayok...hup hap hup #angkat kaki

      Delete
    6. cepat sembuh kang Arra
      Semangat kang olahraganya
      bikin badan sehat pikiran juga sehat heheh :D

      Delete
    7. Wah saya jadi diingatkan nih. Mungkin kalau ngantor baiknya saya pake tangga aja ya tidak pakei lift. Karena kebanyakan pake lift terus bisa bisa keenakkan jadi timbunan lemak di lengan , bahu dan lipatan di sana sini akan semakin melebar. Hiheiheiheee.

      Kalau bang Zachflazz rajin olah raga, saya malah "rajin" nda olah raganya alias malas hihehiee. Namanya juga sudah "malas" nah kalau sudah "malas" kata orang itu sudah titik alias tidak bisa diapa apain lagi hieiehiheiee.

      Delete
    8. Mbak Mega : Amiin. Terima kasih, Mbak Mega. :)

      Kang Asep : Hihi...iya juga sih, Kang. Tapi mulai sekarang harus mau lho yaa... :D

      Delete
    9. Wah saya diingatkan sama Mas Rudy Arra wow keren. Ok Insya Allah mulai hari ini saya akan berusaha mencuri curi waktu dan kesempatan untuk gerak badan dan berolah raga. Terima Kasih :)))))))))))))

      Delete
  2. jadi cemen ya mas..xixixi
    coba berolahraga lagi mas, biar tubuhnya kembali tidak cemen.

    semoga cepet sehat kembali ya mas...

    ReplyDelete
  3. semoga lekas sembuh ya kang , tubuh makin hari akan makin menurun kang , , mengikuti umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...iya nih, Cak. Tapi ngeri juga kalo di umurku yang sekarang daya tahan tubuh sudah semakin melemah. Payah kan? harus mulai bebenah lagi nih :)

      Amiin. Terima kasih, Cak.

      Delete
    2. masih muda tp udah..... (jangan lanjutin)

      Delete
    3. Tenang Cak, aku pasti akan lebih mawas diri dalam menjaga kesehatan, biar gak cemen. :D

      Delete
  4. semoga tuhan masih bertah kamu berada di dunia ini....
    amiin.

    ReplyDelete
  5. اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ فَأَنْتَ الشَّافيِ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَماً

    “Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” (HR. Bukhori Muslim)

    aamiin..

    laa ba'sa wa laa thuhuurun, Insya Allah jadi penggugur dosa2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaammiiiin...
      maknyes banget. mau dong dido'ain sama m'ba diniehz

      Delete
    2. Mbak Dinie : Amiin Yaa Alloh. Terima kasih banyak atas do'a-nya, Mbak. :)

      Kang Hadi : Iya, Kang. Sangat memberi semangat. Alhamdulillah. Terima kasih atas segala do'a yang telah dipanjatkan oleh semua sahabat. :)

      Delete
    3. makin banyak yg ngaminin makin cepat sehat.. cemungudhz!

      Delete
    4. semoga hari ini udah sembuh total

      Delete
    5. Amiin. Alhamdulillah sekarang sudah sembuh, tapi batuknya masih membandel nih.

      Delete
    6. Kalau batuk nya masih membandel distrap aja di depan kelas.

      Delete
  6. wah semoga cepet sembuh ya sobat, dan bisa beraktifitas seperti biasa lagi. semangat sobat, kalau dah sembuh harus rajin latihan lagi ya..?

    ReplyDelete
  7. kalo gak bisa lari di rel kereta, lari dari kenyataan aja kang...
    yang pentingkan sama2 lari:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... asli lucu banget komen Mbak Ayu. gokil.

      Delete
    2. ayudiah...beneran kamu lucu deh ih...kenalan dong

      Delete
    3. Aku malah ingin lari bersamamu, Teh. :P

      Delete
  8. yang Alhamdulillah mah saya kang..dari muda ngga pernah olagraga..beneran!!suwer
    sejak SMP kelas 1 udah merokok dan ngga pernah berupaya berhenti sampe sekarang, begadang tiap malem...sampe sekarang juga.. ditambah DLL..#tau dong apa yang saya maksud?!ngga percaya noh tanyain kang zach purah nemenin saya begadang.
    Alhamdulillah Ya Allah...
    do'a saya tentang sakit."ya Allah kalau engkau cabut nyawaku, jangan sakit dulu, ambil azh langsung"..aneh ya?..itu karena saya ngga mau berurusan dengan rumah sakit dan merepotkan orang2 yang sehat...gila ngga sih sayah teh?
    semoga ceepet sehat dan ngga cemen bin olo-olo deui ah.
    hayo bangkit dan semangat, anggap we tidak sedang sakit...
    #ngomporin biar cepet sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, salut deh sama Akang. Mungkin kalo aku sih karena badanku aja yang kurang bandel. Mungkin kalo aku rajin macul, pasti badanku bakal lebih kuat.

      Hatur nuhun pisan, Kang. Pokonamah Rudy bakal berusaha supaya gak ngerakeun urang Sunda.

      #terima kasih kompornya

      Delete
    2. aajiib semangat si akang yg 1 ini mah.. pasti rajin makan ubi cilembu nih.

      Delete
    3. biasanya sih juragan nggak bakal makan barang produksinya.

      Delete
    4. Gak pamali kok, asal jangan ketahuan.

      Delete
  9. Kuncinya mudah Mas,makan dan berolah raga teratur.Serta perbaiki pola istirahat bagi tubuh kita. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, padahal cara untuk sehat adalah semudah itu, tapi kadang akunya yang gak mau peduli. Payah.

      Delete
  10. Cepat sehat, biar bisa ngeblog lagi.

    ReplyDelete
  11. bener atuh kang, olah raga itu penting biar kita selalu fit, saya juga akhir-akhir ini sering sakit, jarang olah raga sih hehe...

    ReplyDelete
  12. cepat sembuh yah..
    atau skrng udah sembuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sudah mendingan. Tinggal batuknya nih, Bang.

      Delete
  13. haha..sakit apa sob? sekarang udah sembuh pastinya ya? olahraga memang penting buat kesehatan badan. ada baiknya rutinitas olahraga tetap dilakukan meskipun frekuensinya seminggu sekali 1 jam atau lebih. ya udah deh..hanya bisa mendoakan. get well soon sob..!!

    ReplyDelete