Monday, July 24, 2017

CIAMIS CLEAN ACTION

Berawal dari diskusi ringan via online dengan kakak tentang kegiatan gerakan pungut sampah yang sedang gencar dilakukan oleh berbagai komunitas di kota Bandung, kakak saya yang pada saat itu merupakan salah satu aktivis di komunitas Bandung Clean Action meminta saya untuk membuat kegiatan Gerakan Pungut Sampah di wilayah Priangan Timur, khususnya Kabupaten Ciamis. 

Saya bersama beberapa teman yang pada saat itu baru membentuk sebuah komunitas lari bernama komunitas Running Loka, mulai terpikir untuk memasukan gerakan pungut sampah yang kami sebut Ciamis Clean Action ini pada agenda kegiatan komunitas kami. Dengan bantuan teman-teman pelari, kegiatan pun dapat berjalan secara konsisten setiap hari minggu pagi setelah Sunday Morning Run di Taman Lokasana Ciamis yang merupakan Home Base dari komunitas Running Loka.

Kemudian saya berkenalan via media sosial dengan kang Koko Komarudin yang merupakan koordinator dari komunitas Peduli Ciamis. Komunitas Peduli Ciamis merupakan sebuah komunitas yang memiliki kepedulian terhadap kelestarian alam lingkungan, budaya, dan sosial masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Salah satu kegiatan sosial yang mereka lakukan adalah gerakan pungut sampah. Karena kesamaan visi dan misi, walau belum pernah bertatap muka secara langsung, kami sempat berdiskusi via media sosial tentang rencana kolaborasi gerakan pungut sampah antara komunitas Running Loka dan komunitas Peduli Ciamis. 

Namun belum sempat melakukan kolaborasi, setelah beberapa bulan berjalan dengan konsisten, kegiatan Ciamis Clean Action Running Loka pun mulai mengalami kendala, banyak dari teman-teman pelari tidak dapat berpartisipasi dalam kegiatan karena mulai terhalang berbagai kesibukan, hingga akhirnya kegiatan Ciamis Clean Action Running Loka pun terhenti.

Setelah sekian lama bergelut dengan kesibukan, kemarin saya mendapat pesan singkat dari kang Koko Komarudin melalui jalur pribadi, ternyata selama ini di tangan kang Koko dan teman-teman, Ciamis Clean Action tetap berjalan. Sempat saya hubungi via WhatsApp, Ia mengungkapkan bahwa kegiatan berjalan cukup konsisten. "Biasa kami melakukan kegiatan rutin edukasi dan gerakan pungut sampah berkolaborasi bersama bidang kebersihan DPRKPLH Kab. Ciamis setiap hari minggu," ungkapnya.

Ia juga berharap agar kegiatan Ciamis Clean Action ini dapat memberikan inspirasi bagi anak muda Ciamis agar lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan sekitanya seperti Bandung Clean Action yang banyak membawa perubahan baik terhadap daerahnya.

Semoga Ciamis Clean Action akan terus berjalan secara konsisten dan menyebar ke seluruh wilayah Tatar Galuh Ciamis. Sudah waktunya kaum muda benar-benar action dalam menjaga kebersihan lingkungannya dan bukan hanya pasang slogan di batang pohon dan sosial media.


5 comments:

  1. mantap euy di ciamis mah ada komunitas peduli ciamis, nah di daerah saya kapan yaaa hehee

    ReplyDelete
  2. kapan di saya ada ya.. kalo ngadain sendirian ga rame

    ReplyDelete
  3. saya tiap ke ciamis pasti bikin seger karena bersihnya jalanan ciamis, sempat beberapa kali juga sih ke ciamis karena memang daerah saya perbatasan ciamis tasik (karangresik), yg harusnya digerakin pungut sampah justru ditasik deh hehehe

    saya akui kalo ciamis lebih bersih dari tasik (dulu), kalo sekarang gatau ya soalnya tasik juga sekarang kotanya jadi agak bersih ga terlalu banyak sampah hehehe

    ReplyDelete
  4. Kegiatan yang positif. Semoga kedepannya dapat membawa berkah bagi semuanya

    ReplyDelete
  5. kegiatan yang sangat bermanfaat mengajak orang untuk hidup bersih dan peduli kepada lingkungan. perlunya edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan lagi. gerakan clean action ini sebaiknya melibatkan masyarakat bukan hanya komunitas saja.

    ReplyDelete