Sunday, December 23, 2012

SMS HOAX

9/12/2012 22:16
sekedar pemberitahuan
ACEH pukul 5 sore kemarin mendengar suara anjing lagi mengaum seperti raksasa untuk yang kedua kalinyari bawah dasar laut samudra pasifik.menurut para ulama,itu suara Dajjal yg berusaha naik ke dunia.oleh karena itu kita disuruh senantiasa tidak berhenti mengumandangkan adzan dan mendirikan sholat.siapa yang membaca ini,tolong sebarkan ke 20 orang.jangan dipermainkan lillahi Ta’ala. Demi alloh ini amanahmu,
Begitulah isi dari SMS yang aku terima melalui nomor HP-ku pada tanggal 22 December 2012 20:03. Aku tulis isi SMS yang aku terima itu sama persis seperti yang tertera pada layar HP-ku dengan memperhatikan ukuran huruf, spasi dan tanda baca. Tanpa aku mengurangi ataupun menambah satu huruf pun disana. Semoga saja aku benar.

SMS ini aku terima dari seorang temanku yang ada di Bandung sana. Awalnya aku mengabaikan SMS itu, karena aku tidak ingin terlarut dengan kabar yang aku anggap HOAX itu. Beberapa menit  kemudian aku mendapat SMS serupa, kali ini dari nomor yang tidak dikenali. Usut punya usut, sang pengirim SMS yang kedua juga merupakan orang yang aku kenal. 

Kali ini aku mulai dibuat empedh oleh kabar dalam kedua SMS yang aku terima ini. Berusaha agar tidak terkesan menggurui, aku langsung mengirim SMS balasan kepada kedua nomor itu dan SMS balasanku berisi tentang ketidaksetujuanku pada kabar itu. Aku awali isi SMS balasanku dengan tulisan ‘KABAR HOAX’. 

Aku mendapatkan tanggapan dari pengirim SMS yang nomornya tidak dikenali atau Pengirim SMS yang kedua tadi. Dalam tanggapannya terhadap SMS balasanku itu dia menulis agar aku jangan mempermainkan SMS yang dia kirim karena ini menyangkut masalah Agama, katanya. Akupun kembali menanggapinya. Boleh dibilang saat itu kami agak berdebat dengan cara saling berbalas pesan singkat. Dan perdebatan kecil itu berakhir saat orang yang berdebat denganku itu tidak membalas pesan singkat terakhir yang aku kirim.

Aku tak habis pikir, kenapa masih ada orang yang dengan gampangnya terpengaruh dengan kabar (yang aku anggap) HOAX yang disampaikan melalui pesan singkat. Terlebih Kabar itu berasal dari sumber yang tidak pasti dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. 

Aku memang seorang Muslim yang tidak terlalu ta’at. Tapi aku mempunyai pemahaman, jika memang kita seorang Muslim yang beriman, tentunya kita sudah mengetahui jika mendirikan Shalat itu memang suatu kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Sampai akhir jamanpun itu sudah menjadi kepastian. Dan jika kita sampai resah dengan kabar HOAX semacam yang terdapat pada SMS diatas, itu berarti Shalat yang kita dirikan itu bukan KARENA ALLOH lagi, melainkan karena takut pada ancaman yang terdapat pada KABAR YANG TIDAK JELAS seperti pada contoh kasusu diatas. 

Aku yakin sebagian besar sahabatku sudah paham tentang ini. Tapi yang membuatku tak habis pikir, kenapa masih ada saja orang yang dengan begitu mudahnya dibego-begoin dan terpengaruh oleh kabar HOAX seperti itu, sampai-sampai mengikuti apa yang diperintahkan pada pesan tersebut. Kenapa aku bilang bego?, karena dari cara penulisan pesannya saja kita sudah bisa menemukan beberapa kejanggalan. 

Contoh kejanggalan yang pertama adalah penggunaan tanda baca yang benar-benar acak-acakan, karena jika memang pesan ini berasal dari sumber yang bisa dipercaya, tentu saja penggunaan tanda baca akan benar-benar diperhatikan. 

Yang kedua, coba perhatikan tulisan tanggal di bagian paling atas pesan itu (9/12/2012),   dan perhatikan kutipan pesan “ACEH pukul 5 sore KEMARIN mendengar suara anjing...”. Disana terdapat kata “KEMARIN” yang tentu saja ini tidak relevan dengan tanggal pengirman pesan yang dikirim pada tanggal 22-12-2012, iya kan?. Gitu aja kok keblingerr!. 

Dan jika kita menuruti apa yang diperintahkan pada pesan tersebut yaitu menyebarkan pesan yang berisi kabar HOAX itu, itu berarti kita telah ikut serta menyebarkan kabar tidak benar dan sesat yang dapat menimbulkan keresahan ditengah masyarakat luas. Atau apakah jaman sekarang sudah banyak orang yang terlampau lemah imannya, sehingga digertak dengan kabar bohong semacam itu saja sudah membuat membuat jiwanya “gemetar”?. 

Kini kita hidup di dunia yang serba instan, termasuk dalam mendapatkan informasi. Coba kita perhatikan, media cetak, media Televisi, media Internet dan media lainnya sudah begitu dekat dengan kita. Ditambah betapa pesatnya perkembangan berbagai macam jejaring sosial seperti Blog, Twitter, Facebook, foursquare, berbagai macam forum internet dan lain sebagainya yang sudah begitu memasyarakat, bahkan masyarakat yang tinggal dipedalamanpun kini sudah mampu meng-akses semua itu, walaupun belum seluruhnya. Di dunia maya inilah tersebar berbagai macam doktrin yang memerlukan filtrasi otak dengan bijak dan matang, sehingga kita tidak salah paham dalam memaknainya. 

Ahh...aku terkesan seperti manusia yang merasa paling benar saja ya?. Demi apapun aku tidak bermaksud seperti itu, aku hanya mengeluarkan apa yang ada dalam otakku saja. Jika ada yang merasa janggal atas kata-kataku, mari kita diskusikan pada kolom komentar.

Huftt...minggu pagi yang begitu indah kali ini aku isi dengan ngoceh di blog, sungguh kegiatan yang menyenangkan ya? hihi...ah nikmati sajalah. Okei...selamat menikmati hari libur. 

Terima Kasih. 

153 comments:

  1. mungkin zaman sekarang imannya yang tidak kuat, makanya ada kabar sedikit langsung heboh... terkadang saya juga mendapatkan sms hal - hal mirip seperti itu tapi saya cuekin aja...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kunjungan balik ya, sob.. klo ndak anda saya balik lho ya...

      Delete
    2. mari ngopi-ngopi dulu kopi xyz

      Delete
    3. wahahahahahaha,,,kolplak kabeh
      nice cooker lah
      aq paling demen kolom komentar anggota KPK
      MERDEKA....!

      Delete
    4. KPK membuat runyam sekaligus membuat umur panjang

      Delete
    5. contoh aku nih
      iman kuat
      aukalo si amin...

      Delete
  3. met siang met aktifitas genk. bner jga genk ane jga srng bnget dpt SMS gemblung heheh. trmksi info nya sobat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga INFO nya bermanfaat yaa...

      Delete
    2. istilah genk sms gemblung, hahaha...

      Delete
    3. Gemblung itu kalo kita masuk angin yak?

      Delete
    4. klo sms macam ituh,,, aku abaikan saja... malas baca. wohoho

      Delete
    5. gemblung itu kalo bahasa jawa artinya gila

      Delete
    6. Wah jarang saya makan tuh, Enak tuh ada lengket lengket gula merahnya. Gemblong kan ya

      Delete
    7. Gemblong itu bukannya yang alat musik itu yaa :D

      Delete
    8. bukan juga mas In...gemblong itu salah satu kota di jawa tengah... tepatnya :)

      Delete
    9. Gemblong itu kan jenis banjir...Banjir Gemblong...Oh itu Bangdang yaa???

      #Jauuuu Bangeettt

      Delete
    10. sumpah...aq tertawa sambil ngangkat kaki,kopiku sampai tumpah dimeja gara2 baca komen2 diatas,untung gak kena kyboard.
      ancur,ancur tenan ki kolom komen

      Delete
    11. ancur dan ruwet. tapi disitu letak kekuatannya. berani bersaing sama komunitas blogger lain!

      Delete
    12. tak kusangka sudah sehancur ini perasaanku padamu...

      Delete
  4. seperti surat kaleng yang harus dikirim berantai kepada minimal 10 orang misalnya, kalo ga ngirim ntar terjadi bencana.

    atau suruh kirim ayat quran ke beberapa orang, ntar tunggu rejeki yang akan datang..

    aneh juga ya, emangnya Tuhan main sms, bbm, pesbuk..? herannya masih aja ada orang yang selalu mengirimkan itu padaku. Awalnya sih aku suka ngedebat, tapi lama-lama bosen... tak biarin aja akhirnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia Mbak!. Niat berbuat kebaikkan ko' pake ngancem segala, itu sangat tidak bisa aku terima Mbak.

      Iya deh mbak, biarin aja deh ya.

      Delete
    2. SMS berantai ini memang lagu lama kemasan baru. Saya pernah ikut hal seruopa walau tidak berbau soal agama. SMS berantai yang berhadiah pulsa gratis dan langsung terisi jika sudah mengirimkan ke beberapa nomor tertentu. Sudah saya lakukan, namun tetap saja pulsa yang dijanjikan tidak terbukti.

      sampai sekarang jika ada SMS berantai seperti itu baik yang menawarkan pulsa gratis jika sudah menyebarkan berita atau meneruskan ke sejumlah nomor, SMS isi fatwa segala macem, dan apa saja SMS berantai tidak pernah saya tanggapi lagi sekarang. Begitu pesan singkatnya masuk ke HP saya, langsung saya delet

      Delete
    3. Saya menduga ada motiv bisnis dibalik penyebaran isu isu dengan menggunakan media SMS ini. Si calon korban diminta untuk meneruskan pesan SMS ke beberapa nomor lainnya bukankah itu menyedot pulsa kita? Masih mending kalaw kita dapat SMS gratis tis jadi jika pun meneruskan SMS ke beberapa nomor tidak akan rugi. Parahnya jika SMS yang dikirimkan ke beberapa nomor tersebut memakan pulsa.

      Delete
    4. Namun dari semua SMS fake atau SMS berantai tersebut yang paling sering saya alami adalah SMS memberitakan saya dapat hadiah MOBIL dan uang puluhan juta. Nah khusus yang satu ini si pengirim SMS tersebut saya telepon balik, dan saya ajak ngobrol bertemakan hadiah atau Isi SMS tersebut.

      Begitu asyiknya saya ajak ngobrol ke sana kemari, malah dianya marah marah karena saya telponnya pake telp kantor. Maunya dia sih pake HP. Dah udah gitu nanyain nomer rekening segala. Saya ajak ngobrol lagi sampei bosen dab akhirnya kesal juga dianya. Dia malah menutup telepon. Hiheiheiee. Kena saya kerjain

      Delete
    5. @Ay Sagira : Untuk urusan Surat Kaleng saya juga sering dan mengalami hal yang serupa dengan yang mba alami. Namun rata rata temanya adalah UNDIAN BERHADIAH. Ini pernah saya alami waktu ngekos tahun 2004 lalu. Tuh surat menggeletak di depan rumah kosan saya, dan setelah saya buka isi suratnya itu pemberitahuan saya menang dapat MOBIL. Hahahaha dari awal saya sudah ketawa. Ikut undian juga tidak, tiba tiba menang hadiah. Menang dari HONG KONG?

      Di dalam surat pemberitauan tersebut banyak sekali lampirannya. Ada surat dari DINSOS, ada surat dari kepolisian, dan lain sebagainya sehingga bagi yang tidak tau menahu bisa kena tipu atau mudah tertipu oleh lampiran lampiran palsu tersebut. Namun demikian masih ada saja orang yang kena tipu, padahal informasi seperti ini sudah sering digencarkan. Mungkin perlu digiatkan lagi ya agar masyarakat tidak mudah tertipu oleh SMS SMS atau surat berantai seperti ini

      Delete
    6. iya Mbak Ay, katanya ini forward dari penjaga makan rasul kan?

      komen Kang Asep menarik nih. udah menarik, semangat pula!

      Delete
    7. Hahahaaa...beneran deh, aku tertawa terbahak saat membaca komentar Kang Asep yang mencapai empat edisi ini. Terutama komentar Kang Asep yang edisi ketiga pada kolom ini, kebayang aja wajah si penipu yang diajang bicara lewat telepon oleh Kang Asep, pasti wajahnya kusut plus keringetan tuh :D

      Wah aku harun memberikan panci cantik nih pada Kang Asep atas komentar beliau yang diluar kebiasaan ini. hihi...Gimana Mas Zach?

      Delete
    8. pak Asep komennya top banget hihi
      penuh emosi berapi api
      biasanya dapatnya sms " ma kirim pulsa dong"

      Delete
    9. Hahaaa...ujungnya minta pulsa tuh Kang Asep :D

      Delete
    10. Untung urusan pulsa biarlah diwakili sama Bang Zachflazz saja. Kaburrrrrrrrrrrrr

      Delete
    11. ya setuju, panci cantik. atau panci cemong juga gak papa, paling2 nanti buat bikin bubur, bukan klepon.

      Delete
    12. emang kang Asep ini masternya komen panjaaannngggg yaa Mas Rudy :D

      Delete
    13. kaya gerbong kereta senja utama hehe :)

      Delete
    14. kaya gerbong kereta senja utama hehe :)

      Delete
    15. Gerbong senja utamanya dikali tiga.

      Delete
    16. nyangkut disini saja deh, terpesona dengan 4Bab tulisan Kang Asep. WOW...detail dan mengesimakan saia neh? Sms berantai dengan nada ancaman jika tdk di forward...juga surat pemberitahuan jika menang undian [lha saya gak ikutan undiannya]...beberapa kali juga saya alami.

      Kalau via sms, jk saya lagi baik hati ya ta bales "silahkan diambil saja hadiahnya, saya sdh kebanyakan dapat hadiah"..

      #hepi long wiken:)

      Delete
    17. si bebek hapenya dari kaleng
      pak asep ga suka susu kalengan
      makanya rame...

      Delete
  5. haaaaa...kurang kerjaan tu orang yg kirim sms,tukang tipu kok mau di tipu.....wkwkwkwkwkwkwk.

    klu aq sih dapat sms begituan tak cuekin aja,bodo teing....rizki,jodoh dan mati itu rahasia ILLAHI bukan dari sms mini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itulah bentuk pemanfaatan teknologi yang salah ya Mas. Bisa bikin resah banyak orang tuh.

      Delete
    2. sms mini? kalo sms dari si mini modjang dayeuhluhur gimana coba?

      Delete
    3. bener banget apa yang Anda-anda diskusikan.

      Delete
    4. Kok tumben-tumbennya kita berada pada jalan yang benar ya?

      #kagum

      Delete
    5. duuuuuuuhhhh komen-komennya terlalu serius-serius... bikin dahi berkerut memikirkannya..... hahahaha

      Delete
    6. kayaknya cuma komenku aja yang gak nyambung ni di komen Mas reo ini ...


      #kaboorrr :D

      Delete
    7. waduh....salah bawa mini masuk kamar nih,eh masuk komentar maksudnya
      kabur juga lah....mini dah di kroyok ntar gua juga yg bonyok :D

      Delete
    8. tukang tipu tuh identik dengan tukan tipo ya..?

      Delete
  6. Duh memang dah akhir zaman, ada ada saja yang aneh-aneh...

    ReplyDelete
  7. wah saya juga sering dapat sms seperti itu sobat. namun tidak ada yang saya tanggapi. jadi ya saya biarkan saja. paling cuma saya hapus saja.....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah dengar ada isu masih seputar SMS berantai seperti penawaran produk atau SMS penipuan seperti itu. Jika kita reply atau balas SMS penipuan tadi, berarti secara otomatis kita berlangganan SMS rutin dari dia.

      Isu nya adalah si pengirim SMS berantai ini membuat sistim canggih buat para calon korbannya. Jika ada yang membalas atau mereply, maka sistim akan menganggap si pembalas SMS tersebut menyatakan "yes" arau "ya" untuk berlangganan SMS rutin dari mereka sehingga bisa kena potongan pulsa tiap hari menerima SMS SMS seperti itu lagi.

      Delete
    2. Jadi dengan mengganggap sepi atau langsung Mendelet SMS penipuan tersebut adalah car yang JITU dan CERDAS seperti kata Mas Rudy Arra. Memang demikian seharusnya langsung saja hapus atau delet. Habis perkara.

      Delete
    3. Atau save atau catat saja SMS penipuan tersebut, dan bawa nomor nomor tak dikenal yang menurut anda sangat meresahkan atau merisaukan itu kepada Grapari TELKOMSEL untuk diadakan pemblokiran atau tidak dapat menghubungi lagi. Cukup merepotkan, namun layaj dicoba. Saya pernah mengadukan nomor SMS promo promo seperti itu kepada Grapari Telkomsel. Hasilnya saya tidak pernah ditelpon atau di sms seperti itu lagi

      Delete
    4. Aku juga gak pernah menanggapi SMS atau BBM semacam itu mas ...

      Delete
    5. Cara yang disampaikan Kang Asep boleh dicoba, soalnya risih juga kalo terlalu sering dapet SMS beginian.

      Delete
    6. cuek itu temannya ikan asin..

      Delete
  8. saya pernah dapet telfon dari nomor tak dikenal. pas meeting saat itu. tidak sempat saya terima. beberapa saat kemudian ada sms. saya baca: "tadi yang telfon saya dari nomor kantor". wahh, ternyata dari Kang Asep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg itu mah bukan tlp hoax atuh mas :D

      Delete
    2. Huuaaahahahaa...aku ketawa lagi saat membaca komentar Mas Zach.

      Kalo yang meneleponnya adalah Kang Asep, palingan mau presentasi soal bubur atau panci tuh Mas :D dan benar kata Mas Reo, itu dijamin bukan HOAX hihi...

      Delete
    3. Luar biasa Mas Rudy Arra punya Indera ke Tujuh, tau aja kalaw saya mau kasih tau bang ZACHFLAZZ itu tadi, kalaw ada bubur ayam uenak di Pontianak

      Delete
    4. Ngomongin soal Telepon saya jadi ingat kawan saya. Orang kantor juga. Dia punya ringtone lagunya NOAH, yang judulnya "separuh aku". Nah saat ditelepon hpnya kan terdengar ring tone lagu itu. Nash besok besoknya dia pesan lewat SMS kepada kawannhya yang punya ring tone lagu itu.

      Katanya kalaw dia telp ke HP nya lagi agar jangan diangkat. Karena mau cuma mau dengar lagu ringtone nya aja. Permintaann itupun disanggupi. Eh besoknya saat ada kegiatan penting, dia telpon kawannya tadi. Begitu telepon dipanggil, ternyata tidak diangkat angkat. Kesal juga kawannya nelpon nda diangkat.

      Rupanya dia baru ingat pesannya sendiri kalaw nelpon jangan diangkat karena cuma mau dengar ringtonenya. Hihiehieiehiee

      Delete
    5. @Zachflazz : Hiheihiehieiee iya bener sekali. Itu saat saya pakei nomor kantor untuk menelpon bang Zachflazz hiehiheihiee. MASIH Ingat aja deh. Ih saya jadi malu. *mlorotin celana

      Delete
    6. kang asep energinya gila abis. setiap komen sampei berbusa berembun begitu. dapet wangsit apaan sih.

      Delete
    7. Hiheiiehie iya iya yah. Wangsit dari mana ya. Saat ini saya sedang menulis untuk tayang nanti malam atau sekarang liat sikon. Cerita kecil aja soal phonebook saya yang hilang. Sedang ditulis n diketik

      Delete
    8. Kang Asep berapa nomernya???
      mau juga dong dihubungi kang Asep :D

      Delete
    9. Haha...untuk kesekian kalinya aku ngakak baca komen Kang Asep. :D

      Delete
    10. Kang Asep suhu silat apa guru lawak sih

      Delete
    11. kalo itu ajakan makan makan dan kita ga diajak
      berarti hoax tuh

      Delete
  9. di malaysia kadang2 ada juga sms begitu...tapi yg menhairankan..masih ada yg percayakan?

    ReplyDelete
  10. yg hoax2 bikin panas mpe ubun2...hihihi*tiup biar dinginan dikit hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiupnya pakai AC yaa...alias Angin Cinta!

      #ngumpet

      Delete
    2. fuuuuh.. fuuuuh... udah aku tiupin, mbak cii

      #eeeeehhh kena kang rudy :p

      Delete
    3. kayaknya ada chemistry nih. Bikin Skandal yuk

      Delete
    4. Ide Bagus tuh Kang, kita bikin Skandal, lalu kita bisa ekspor ke luar negri. Jadi skandal jepit buatan indonesia bisa mendunia.

      Delete
    5. itu bukan skandal mas,masa skandal kok di ekspor....yg di ekspo itu berandal

      Delete
    6. pelajaran tentang chemistry udah
      tinggal nunggu pelajaran physic dan biology

      *gelar tiker

      Delete
  11. Ckck masih ada aja yaa orang yang ngirim sms kaya gitu

    ReplyDelete
  12. di Blackberry messenger juga buanyaakkk yang seperti itu, Mas ...


    sampai aku tulis di status pribadi di BBM ..
    "PLEASE STOP .... Jangan Broadcast Message Lagi"

    sangking kesalnya aku...
    logikanya mana mungkin Allah memerintahkan umatnya untuk mengirim pesan broadcast yang jika tidak dilaksanakan akan datang dajjalnya kepada kita :(

    ReplyDelete
  13. sy sihjarang mas Rud...dapet kiriman sms kya gtu...malah udah 2 kali nih dapat sms...pulsa nyasar ke nomor sy hehe... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya lumayan...yang kirim lu manyun.....hehe :)

      Delete
    2. saya lumayan...yang kirim lu manyun.....hehe :)

      Delete
    3. Hahahaa...Lumayan buanget tuh Mas. :D

      Delete
    4. bahasa baru ya ahahahah .. lumayan & lu manyum :D
      .

      Delete
    5. manyun itu waktu mudanya dipanggil miznyun...

      Delete
  14. baru lihat ada kabara beginian pas mampir sini jadi penasaran, baca ampe kelarrrrr.. ternyata memang hoax tp bikin dag dig dug ser ya bang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. ser...nya kelihatan enak tuh miz.. :)

      Delete
    2. Hihi...apalagi yang bilangnya Miz Tia, aku jadi ser-seran nih...

      Delete
    3. ahaha enakan dag dig dug jedeer kali :D ..`.

      Delete
    4. tratapan jantung rasanya. jantung pisang.

      Delete
    5. asal jangan pake ewer ewer...

      *ewer ewer bukan hoax, cari di google

      Delete
  15. beberapa tahun silam, saya juga pernah dapat sms atau selebaran seperti itu mas, katanya kalau gak di sebarkan akan mendapatkan celaka

    ReplyDelete
  16. semestinya dalam menerima info ada 3 filter kan, KEBENARAN, KEBAIKAN, dan KEGUNAAN dan jelas HOAX seperti itu gak ada di ke 3nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. panci dilubangi yg banyak pake paku juga bisa buat filter
      kaburrrr lah

      Delete
    2. nah, bener. yuk panci barunya kang asep kita lubangi?

      Delete
    3. harus pake 3D : diterawang, diraba, dicobain...
      kalo kurang mantap, coba yang 36D

      Delete
  17. nga tahu keshahihan sms itu sebab di saat dunia makin menghampiri khiamat
    emang banyak juga berita-berita palsu yang disebar untuk menyesatkan umat Islam dengan cara halus
    hanya berserah kepada Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. berserah diri dengan sepasrah-pasrahnya. benar sekali

      Delete
    2. kalo pasrah mah ga asik ga ada perlawanan
      goyang dikit baru enak...

      Delete
  18. wah baru saja mas brnw skitar 1jam yang lalu di "whatsapp" punyaan ku ada sms sperti di atas sama persis jadi aku langsung cari tau kebenarannya di google dengan menulis kata "aceh terdengar suara anjing ke dua kalinya" pas aku cari ternyata yg paling atas nama blog ini lalu aku masuk aja dan baca sampai kelar dan q fikir dalam otak ternyata di "whatsapp" itu penipuan oea aku lupa mau blg makasih atas infonya

    #salam kenal semua ya mas mas bro dan mbak2 bri hehehe

    ReplyDelete